Direktorat Jenderal Pajak yang Saya Cita – Citakan

Menjadi bagian dari Direktorat Jenderal Pajak merupakan sesuatu yang saya cita-citakan. Sedangkan Direktorat Jenderal Pajak yang saya cita-citakan adalah Direktorat jenderal Pajak yang baik. Lalu seperti apakah Direktorat Jenderal Pajak yang baik itu? Menurut pendapat saya, Direktorat Jenderal Pajak itu bagaikan sebuah bangunan yang baik. Agar didapatkan bangunan yang baik, harus memenuhi tiga unsur, yaitu kekokohan/ kuat, efisien, dan fleksibel.

Bangunan yang kokoh yaitu bangunan yang kuat. Dalam hal ini harus memiliki struktur yang baik. Mulai dari pondasi, tiang – tiang kolom, hingga rangka atap harus terstruktur dengan benar,  sehingga menghasilkan bangunan yang kokoh. Begitu pula dengan Direktorat Jenderal Pajak, juga harus memiliki struktur organisasi yang jelas dan benar supaya Direktorat Jenderal Pajak mampu menjadi sebuah organisasi yang solid dan kuat atau kokoh.

Yang kedua, bangunan yang baik yaitu bangunan yang efisien. Arti efisien di sini adalah dalam hal penggunaan material bangunan harus disesuaikan dengan kebutuhan sehingga tidak digunakan dengan sia-sia. Sama halnya dengan bangunan, Direktorat Jenderal Pajak harus mampu menjadi organisasi yang efisien. Baik dalam hal penyelenggaraan, pelaksanaan, atau perencanaan. Sehingga tidak membuang sesuatu  yang berharga tidak sebagaimana mestinya.

Yang terakhir adalah, bangunan haruslah fleksibel. Maksudnya, bangunan yang fleksibel mampu bertahan di segala macam cuaca, suhu, dan juga lingkungan yang berubah – ubah. Dengan demikian, bangunan dapat bertahan lama. Direktorat Jenderal Pajak juga saya harapkan mampu fleksibel dan mampu beradaptasi dengan baik terhadap segala sesuatu yang terjadi. Baik permasalahan internal maupun permasalahan eksternal.

Direktorat Jenderal Pajak yang saya inginkan adalah Direktorat Jenderal Pajak yang kokoh, efisien, dan fleksibel. Karena menurut saya, Direktorat Jenderal Pajak yang kokoh, efisien, dan fleksibel dapat membentuk sebuah organisasi yang ideal namun tidak berlebihan maupun berkekurangan. Lalu, bagaimana dengan direktorat jenderal pajak yang kamu cita-citakan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s